Minggu, 09 Desember 2012

Cara Supaya Memiliki Anak Cerdas

anak yang sehat sempurna dan cerdas, Memperhatikan asupan gizi, Jus sayuran, Alpukat, Salmon, Tuna, Sarden, Wortel, Yoghurt, Bayam dan kangkung, Teh hijau, Telur, Kebutuhan akan kasih sayang ibu dan ayah, Olah raga teratur, Perdengarkan bacaan alqur’an melalui lisan ibu atau ayahnya

Siapa coba yang tidak ingin memiliki seorang anak yang sehat sempurna dan cerdas. Sudah pasti itu menjadi dambaan setiap orang tua. Nah bagaimana caranya agar kita bisa memiliki anak yang cerdas? Tentunya dengan memberikan yang terbaik untuk bayi anda, sejak masih dalam kandungan. Itu bukan merupakan hal yang aneh, jika sejak bayi dalam kandungan, seorang ibu sudah merangsang, mendidik, dan memberikan kebutuhan nutrisi yang dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan pembentukan otak dan kecerdasan sang bayi. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh sang ibu kepada janin yang dikandungnya agar kelak menjadi anak yang cerdas antara lain :

1. Memperhatikan asupan gizi
Kebutuhan gizi bagi ibu hamil sangat perlu di perhatikan dan dijaga. Semakin bertambahnya usia kandungan anda, makan akan semakin besar kebutuhan nutrisi yang diperlukan. agar perkembangan kecerdasan janin sejak usia kandungan dapat dimaksimalkan, berikan asupan makanan yang mengandung asam amino, kolin, AA-DHA, zat besi, Asam folat, iodium, dan vitamin A. kebutuhan gizi ini dapat di temukan pada kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan. Intinya, jika anda ingin bayi anda lahir sehat dan cerdas, maka mulai dari sekarang berusahalah untuk menyukai sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan. 
Beberapa makanan mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh, seperti wortel yang baik untuk mata dan susu yang baik untuk kekuatan tulang. Tapi tahukah Anda makanan yang baik untuk meningkatkan kinerja otak?  Jenis makanan yang bagus untuk otak menurut Kelly Aronica, seorang ahli gizi di New York seperti dikutip dari thedailymeal, Kamis (5/4/2012) antara lain:  
Jus sayuran.
Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, mengandung antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan karena dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan otak. Untuk mendapatkan nutrisi dari sayuran hijau tersebut, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus.
Alpukat.
Makanan seperti alpukat atau minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu meminimalkan kehilangan memori pada otak. 
Salmon, Tuna, Sarden
Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon bukan hanya bermanfaat bagi jantung, tetapi juga dapat membantu meningkatkan fungsi belajar dan memori di otak.
"Makan ikan salmon seminggu sekali dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer karena salmon memiliki jumlah asam lemak omega-3 tertinggi," kata Aronica.
Suatu penelitian yang dibiayai Uni Eropa mengemukakan ibu hamil yang banyak makan tuna, sarden dan salmon akan melahirkan bayi yang punya kemampuan bagus dalam berbagai tes keterampilan dan kecerdasan.
Para peneliti Spanyol memeriksa dua ribu perempuan pada kehamilan pekan ke-20 dan setelah mereka melahirkan. Para ibu itu ditanyai soal makanan dan mereka menjalani tes darah untuk mengetahui tingkat omega-3 dan omega-6. Bayi mereka dites kecerdasan verbal dan keterampilan motorik serta kemampuan bersosialisasi. Ternyata, ibu yang mengkonsumsi ikan-ikan tersebut saat hamil, punya anak yang nilai tesnya tinggi. 
Para peneliti dari University of Granada menyimpulkan bahwa Omega-3 membantu perkembangan otak dan mata janin. Hasil penelitian yang dimuat American Journal of Clinical Nutrition juga mengemukakan Omega-3 mengandung DHA yang merupakan komponen utama sel otak dan membran. "Jumlah DHA yang dikirimkan ke janin lewat plasenta mungkin merupakan hal sangat penting dalam perkembangan janin," ungkap penelitian tersebut.  Namun, penelitian itu juga menyimpulkan bahwa terlalu banyak makan ikan-ikan tersebut juga dapat memberi dampak buruk pada perkembangan bayi. Menurut para ahli, sangat penting bagi calon ibu untuk menyeimbangkan makanan jika mereka ingin memperbanyak asupan Omega-3
Bagi Anda yang vegetarian, Anda dapat mendapatkan manfaat yang sama dengan mengonsumsi kedelai yang kaya akan asam lemak nabati.  
Wortel.Vitamin B yang terkandung dalam wortel, bayam, paprika merah, dan labu dapat membantu menghasilkan zat kimia di otak yang dikenal sebagai neurotransmitter.
"Sistem saraf bergantung pada neurotransmiter untuk menyampaikan pesan di dalam otak, seperti yang mengatur suasana hati, lapar, dan tidur," kata Aronica. 
Yoghurt.Yoghurt mengandung vitamin B12 yang sering disebut sebagai "vitamin memori". Vitamin ini umumnya hanya dapat ditemukan secara alami dalam makanan hewani seperti keju, ikan salmon, udang, dan daging sapi. 
.Bayam dan kangkung
"Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung merupakan makanan utama bagi kesehatan otak," kata Aronica.
Bayam dan kangkung mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi yang sangat berpengaruh terhadap kekuatan dan daya pikir otak. 
Teh hijau.Teh hijau tidak hanya merupakan sumber antioksidan, tetapi juga mengandung kafein yang baik untuk meningkatkan fungsi kognitif, fokus, dan konsentrasi.
"Kafein dari teh hijau lebih baik dan lebih sehat daripada kopi," kata Aronica. 
Telur."Kolin yang terkandung dalam kuning telur, merupakan pembentuk neurotransmitter asetilkolin otak yang mempengaruhi daya ingat," kata Aronica.
2. Kebutuhan akan kasih sayang ibu dan ayah.
Kalau dipikir-pikir apa pengaruhnya kasih sayang yang diberikan ibu dan ayah dapat membantu meningkatkan kecerdasan janin anda. Faktor psikologis ini memang perlu diperhatikan. Seorang ibu harus dapat menerima kehamilannya dengan penuh kasih sayang, juga harus mendapatkan kasih sayang dari suami/ayah dari anak anda. Dengan begitu anda akan bahagia, pikiran anda akan tenang, anda menerima kehamilan anda dengan penuh keihklasan tanpa beban sedikitpun, sehingga perkembangan kecerdasan anak anda dapat tumbuh secara optimal.
3. Olah raga teratur
Dari sebuah sumber yang saya baca dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa seorang anak yang dilahirkan dari rahim seorang ibu yang gemar berolahraga memiliki tingkat intelegensi yang cukup tinggi. Baik kecerdasan, dan kemampuan bahasanya. Bukankah kita semua mengetahui bahwa dengan berolahraga akan memberikan kebugaran bagi diri kita, memperlancar peredaran darah dan memperlancar pendistribusian oksigen dalam tubuh kita, nah begitu kita hamil, oksigen yang masuk ke dalam janin lebih maksimal, sehingga pembentukan otak janin dapat lebih maksimal pula. Namun untuk anda yang hamil besar, konsultasikan dengan dokter gerakan apa saja yang bisa dilakukan. Yang lebih amannya adalah jalan.
4. Perdengarkan bacaan alqur’an melalui lisan ibu atau ayahnya
Hal ini adalah sangat penting karena meskipun didalam janin pendengaran bayi telah berfungsi dengan normal, dengarkan untuk bayi anda ayat-ayat Alqur’an, ingat bahwa pendengaran amat erat hubungannya dengan otak sehingga akan merangsang otak bekerja dengan sangat baik dan maksimal,




Sumber :
Arif Alamsyah
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=349826881768153&set=o.189036757855156&type=3&permPage=1
https://www.facebook.com/fb.science.and.technology

1 komentar :

semua ibu pasti menginginkan semua anak anaknya pada cerdas, tapi dari sekian banyak mereka tidak mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkannya, semoga dengan artikel diatas bisa terbantu...

ditunggu kunbalnya min di >> sehatkancantik.blogspot.com

Silahkan berikan komentar Anda di laman ini.
Tautan (live links) spam dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Jika ingin menyisipkan tautan silakan gunakan tag: <i rel="URL">URL ANDA</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">TEKS JUDUL ANDA DI SINI</b>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">Tulis URL GAMBAR Anda di sini </i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">Tulis KODE ANDA di sini</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre"> KODE PANJANG di sini</i>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS TEBAL ANDA DI SINI</b>
Untuk menciptakan efek tulisan miring gunakan tag <i>TEKS MIRING ANDA DI SINI</i>

/* */