Minggu, 09 Desember 2012

Ini Dia 9 Titik Totok Buat Berhenti Merokok


oleh: Melly Febrida

Pria yang sangat ingin berhenti merokok bisa menerapkan cara totok di sembilan titik ini. Teknik yang dikenal sebagai SEFT (Self Emotion Freedom Technical) ini bisa semakin memperkuat keinginan si perokok agar benar-benar stop merokok.

"Ini bukan hypnoterapi. Ini terapi totok pada beberapa titik." kata Hakim Sorimuda Pohan SpOG di sela-sela Konferensi Pers Aliansi Masyarakat Korban Rokok Indonesia, di Kantor Kantor Sekretariat Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Senin (12/11/2012).

Di mana sajakah kesembilan titik itu? Dokter lulusan Universitas Indonesia yang aktif di
Komisi Nasional Pengendalian Tembakau itu menjelaskan sebagai berikut:

Di ubun-ubun
Alis mata
Samping mata
Bawah mata
Bawah hidung
Dagu
Bawah tulang selangka (klavikula)
Ketiak
Bawah puting susu.

Untuk menerapkan teknik SEFT ini tak perlu lama-lama. Hakim menjelaskan, sembilan titik itu hanya perlu satu menit. Setelah satu menit belum ada reaksi, teknik itu dilakukan kembali. "Satu menit belum selesai, ulangi sampai 2-3 kali. Sampai orang muntah-muntah hebat dan akhirnya dia katakan rokok bau," ujarnya,

"Kalau sudah seperti itu, beritahu mulai saat ini Anda tidak boleh mendekati benda yang namanya rokok, biasanya berhasil," jelasnya. "Biasanya butuh 5-10 menit tapi jangan coba lagi. Kalau besok dia coba, pasti dia rasa nggak enak betul. Baunya nggak enak, bikin enek"..

Menurut dokter lima anak itu, teknik SEFT tidak akan berhasil jika tidak ada kemauan yang kuat dari si perokok. Dan SEFT bisa dilakukan siapa pun, tak hanya dokter. Mereka yang sudah latihan juga bisa mengajarkan orang lain. Metode ini seperti layaknya tusuk jarum namun tidak pakai jarum.

"Kita tidak memasukkan obat-obatan. Itu diciptakan budaya Cina, Korea, Jepang. Yang mengembangkan orang Korea Kim Bong Han. Dia yang menemukan petanya," ungkapnya.

Dulu, ilmu kedokteran mengenal tiga sistem pada manusia. Namun Kim mengatakan kini ada empat sistem yang dikenal. Yakni, sistem pembuluh darah, syaraf, getah bening, dan sistem Kyung Rak. "Itulah yang dikembangkan dalam ilmu akupuntur. Bisa tanpa jarum dengan menstimulasi dari ketokan," ujarnya.

Metode SEFT ini tak hanya berlaku bagi perokok yang mempunyai tekad bulat untuk berhenti merokok. Orang-orang yang takut dengan ketinggian atau pun kegelapan juga bisa menggunakan metoda ini. "Yang penting tekad orangnya kuat. Misalnya saja kalau tidak mau berhenti merokok, terapi totok tidak akan mempan," pungkasnya(MEL)

Sumber: Liputan6.com
http://www.liputan6.com/

MAAF, saat ini kolom komentar sudah tidak bisa berfungsi dengan baik karena adanya perubahan struktur kode pada template blog ini.


==================================
Silahkan berikan komentar Anda di laman ini.
Tautan (live links) spam dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Jika ingin menyisipkan tautan silakan gunakan tag: <i rel="URL">URL ANDA</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">TEKS JUDUL ANDA DI SINI</b>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">Tulis URL GAMBAR Anda di sini </i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">Tulis KODE ANDA di sini</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre"> KODE PANJANG di sini</i>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS TEBAL ANDA DI SINI</b>
Untuk menciptakan efek tulisan miring gunakan tag <i>TEKS MIRING ANDA DI SINI</i>

/* */