Sunday, 9 December 2012

Keterbatasan Ilmu


http://www.ngabidin.web.id/2012/12/keterbatasan-ilmu.html

Asy-Syaikh Dr. Husain bin 'Abdil-' Aziiz Aalusy-Syaikh hafidhahullah saat menjelaskan beberapa pokok dan metode dalam fatwa syar'iyyah (metode keempat) mengatakan:
"Dan termasuk di antara kekeliruan dalam berfatwa adalah terburu-buru dalam menafikkan sesuatu, seperti menafikkan (keberadaan) kata dari seorang imam, keberadaan satu hadits, keshahihannya atau kedla'ifannya.
Ibnu 'Asaakir dalam kitab Taariikh Madiinati Dimasyq pada biografi Az-Zuhriy: Bahwasannya ada seorang pemberi nasihat yang menyebutkan satu hadits di sisi Az-Zuhriy. Az-Zuhriy berkata kepadanya: "Hadits itu tidak ada dalam Sunnah Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam. Pemberi nasihat itu pun duduk. Lalu ada seorang anak yang berkata: 'Wahai imam'. Az-Zuhriy berkata: 'Ya'. Si anak berkata: 'Apakah engkau menghapal seluruh sunnah?'. Az-Zuhriy berkata: 'Tidak'. Si anak berkata 'Apakah engkau menghapal dua sepertiganya?'. Az-Zuhriy berkata: 'Tidak'. Si anak berkata: 'Apakah engkau menghapal setengahnya?'. Az-Zuhriy berkata: 'Tidak'. Si anak berkata: 'Anggaplah engkau hapal setengahnya. Maka jadikanlah hadits yang disebutkan syaikh tadi dengan (setengah) bagian lain yang tidak engkau hapal '. Terdiamlah Az-Zuhriy karena kuatnya hujjah anak tersebut.
Oleh karena itu dikatakan: Terkadang orang tua tidak mengetahui sesuatu yang diketahui anak kecil, sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Taimiyyah. Burung hudhud pun pernah mengatakan kepada Sulaimaan: 'Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini' (QS. An-Naml: 22) "

[Selesai - Al-Ushuul-'Aammah Al-Jaami'ah lil-Fatawaa, hal. 18 - via Syaamilah melalui  Abul-Jauzaa blog ]



2 comments

I love to disseminate information that will I've built up with the season
to help enhance group performance.

Here is my site; 情趣用品 ()

thanks for your visiting my web page

MAAF, saat ini kolom komentar sudah tidak bisa berfungsi dengan baik karena adanya perubahan struktur kode pada template blog ini.


==================================
Silahkan berikan komentar Anda di laman ini.
Tautan (live links) spam dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Jika ingin menyisipkan tautan silakan gunakan tag: <i rel="URL">URL ANDA</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">TEKS JUDUL ANDA DI SINI</b>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">Tulis URL GAMBAR Anda di sini </i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">Tulis KODE ANDA di sini</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre"> KODE PANJANG di sini</i>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS TEBAL ANDA DI SINI</b>
Untuk menciptakan efek tulisan miring gunakan tag <i>TEKS MIRING ANDA DI SINI</i>

/* */