Friday, 8 February 2013

MANFAAT dan efek BAHAYA minum KOPI

http://www.ngabidin.web.id/2013/02/manfaat-dan-efek-samping-minum-kopi.html
Bagi penikmat (pecandu) kopi seperti saya, secangkir kopi di pagi hari atau di saat menemani  break time bersama dengan kudapan adalah hal yang menyenangkan. Saya sangat senang dengan kopi dan segala jenis varian dari minuman tersebut. Bahkan saya mengkonsumsi kopi 3 – 6 kali sehari. Suatu waktu, teman pernah memperingatkan, kalau kopi berbahaya bagi kesehatan saya. Meskipun peringatan dari teman tersebut tak saya indahkan ketika itu, namun sebenarnya benak saya mulai mempertanyakan hal tersebut, “apakah MANFAAT DAN EFEK BAHAYA MINUM KOPI bagi kesehatan manusia?” Sejak saat itu saya menyelidiki dan mencari tahu segala sesuatu mengenai kopi. Berikut apa yang saya dapatkan dari hasil penyelidikan tersebut:

Menurut sejarah kata kopi berasal dari bahasa Turki kahveh, yang kemudian dikenal dalam bahasa Belanda sebagai kaffie, diikuti dengan bahasa Inggris dengan sebutan coffie. Bangsa Arab mengenalnya dengan qahwah, artinya kekuatan. Kemudian bahasa Indonesia membakukannya menjadi kata kopi.

Dari berbagai catatan sejarah Tanaman Kopi, kopi pertama kali ditemukan di dataran Ethiopia, sebagai tanaman liar kala itu. Baru pada pertengahan abad 15, kopi dikembangkan di semenanjung Arab, yang kemudian kita kenal dengan istilah Kopi Arabica. Legenda kopi di negeri Arab ini, memiliki cerita tersendiri. Menurut mereka, kopi ditemukan oleh seorang penggembala kambing muda bernama Kaldi. Dia melihat kambingnya menunjukkan gejala gembira saat memakan biji atau daun hijau dari tanaman kopi tersebut. Penasaran akan hal tersebut, maka Kaldi turut memakan biji kopi tersebut dan mendapati perasaan gembira pula. Sejak saat itu, cerita ini menyebar ke seluruh negeri Arab. Baru pada tahun 1610, kopi ditanam di India dan kemudian Belanda mulai belajar mengembangbiakkan pada tahun 1614. Tahun 1699, Belanda mengembangkan tanaman kopi di Srilangka dan tanah Jawa (Indonesia).

Semakin populernya minuman kopi, menarik minat para ahli kesehatan untuk menelitinya. Mereka mendapati bahwa kopi miliki lebih dari 500 senyawa kimia, yang salah satunya dinamakan sebagai kafestol. Bahan kimia tersebut muncul saat bubuk kopi dituangi oleh air panas. Kafestol adalah senyawa yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia hingga sebesar sepuluh persen, menurut sebuah peneliti di Belanda.

Kafein, kandungan senyawa dalam kopi yang juga berbahaya mengakibatkan orang terjaga, sulit mengendalikan emosi, hingga menjadi salah satu pemicu kanker. Kafein inilah yang kita kenali sebagai penyebab kecanduan. Hal tersebut biasa terjadi, saat mengkonsumsi kopi lebih dari 250 mg sekaligus atau setara dengan tiga cangkir kopi. Selain itu kopi juga meningkatkan aliran darah dalam ginjal sehingga produksi urine bertambah.

Dalam penelitian lain juga menyebutkan bahwa kopi sebagai penyebab penyakit maag, tukak lambung, dan tukak usus halus, dikarenakan kopi meningkatkan asam dalam lambung dalam jangka waktu yang lama.

Bahkan para ahli memberikan peringatan bagi seseorang yang mengidap penyakit atau gejala serangan jantung, gangguan ginjal dan tekanan darah tinggi untuk mengkonsumsi kopi tak lebih dari secangkir per hari. Bagi para wanita, konsumsi kopi secara berlebihan dapat mengurangi kesuburan hingga meningkatkan dapat resiko terjadinya osteoporosis pada wanita usia menopause.

Para ahli kesehatan masih dirundung dilema dengan hasil penelitian mereka mengenai bahaya kopi bagi kesehatan manusia. Mengapa demikian? Karena para ahli kesehatan hanya meneliti dua kandungan dari 500 senyawa kimia yang terdapat dalam kopi. Sehingga seluruh penelitian hingga saat ini belum dapat dikatakan sebagai hal yang final. Ini menunjukkan, bahwa para ahli kesehatan sendiri tak sepenuhnya melarang mengkonsumsi kopi. Tetapi disarankan kepada kita untuk mengkonsumsinya secara wajar.

Setelah mengetahui bahaya mengkonsumsi kopi di atas, berikut ini adalah penjelasan dari para ahli yang memang mengkhususkan dalam penelitian tentang efek dari kopi. Ternyata kopi juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita.

Kopi Untuk Kesehatan Menurut Para Peneliti

Dalam jumlah yang tidak berlebihan (tidak lebih dari 2 gelas per hari) meminum kopi, memiliki efek yang positif, antara lain :

1. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer 
Penelitian ini di dasarkan pada penelitian oleh : Chu, YF, Yi-Fang; Brown, Peter H, Lyle, Barbara J, Chen, Yumin, Black, Richard M, Williams, Claire E, Lin, Yi-Ching, Hsu, Chih-Wei pada tahun 2009. 

2. Mengurangi resiko penyakit Parkinson
Hasil penelitian : Benedetti M.D. et al., Smoking, alcohol, and coffee consumption preceding Parkinson’s disease, Neurology, 2000:55, 1350–1358.
Enam kelompok studi lain menemukan bahwa peminum kopi yang meminum kopi dengan teratur dapat mengurangi resiko terkena Parkinson lebih dari 80 persen. 
3. Meningkatkan Kemampuan Cognitive
Hasil penelitian : Johnson-Kozlow, M., et al., Coffee Consumption and Cognitive Function among Older Adults, Am J Epidemiol 2002; 156:842–850

4. Sebagai bahan Analgesic (mengurangi rasa sakit)
Referensi : Headache Triggers, Caffeine. WebMD. June 2004.

5. Sebagai bahan Anti Oksidan
Kopi mengandung bahan Methylpyridinium yang merupakan bahan anti kanker. Referensi : COFFEE CAN PREVENT COLON CANCER. The Naked Scientists. BBC. 2003-10-19. (Wikipedia)
6. Minum kopi dapat mengurangi resiko diabetes tipe dua. 
Menurut Sid Kirchheimer dari WebMD, semakin banyak kopi yang diminum, semakin baik hasil yang diperoleh. Bahkan, Universitas Harvard telah melakukan riset tentang manfaat kopi bagi kesehatan selama 18 tahun, dengan menganalisa data dari sekitar 126 ribu orang. Hasilnya, dengan meminum kopi 1-3 cangkir sehari dapat mengurangi resiko terkena diabetes hingga 10 persen, sedangkan dengan meminum kopi 6 cangkir atau lebih dapat mengurangi resiko pria dari serangan diabetes tipe dua sebesar 54 persen, sedangkan untuk wanita dapat berkurang 30 persen. Ini argumen bagus untuk ungkapan “satu poci kopi sehari”, ungkapan bagi orang yang ketagihan minum kopi setiap harinya.
Menurut Thomas DePaulis, Phd, seorang ilmuwan dari Vanderbilt University’s Institute for Coffee Studies, menyatakan, semakin banyak meminum kopi, diperoleh hasil yang semakin baik. Nampaknya bagi mereka yang tidak meminum kopi, juga memiliki resiko terkena kanker kolon, sirosis hati, bahkan batu empedu


7. Kopi dapat memberi keuntungan bagi kesehatan jantung, 
Penelitan terbaru lainnya menunjukkan bahwa:  
Kopi dapat memberi keuntungan bagi kesehatan jantung, mengurangi resiko penyakit jantung sampai 53 persen. 
Sedangkan bagi pria efek kafein juga dapat menyebabkan ”sperma” .lebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburannya. Begitu hasil penelitian para ilmuwan di San Antonio, Brazil, yang mengkhususkan pada bidang efek-efek obat bagi kesuburan pria.
Kopi tidak hanya memiliki efek yang bagus bagi tubuh dalam hal melawan penyakit, namun juga dapat membantu untuk mengimbangi atau memutar balik resiko yang diakibatkan oleh kebiasaan buruk. 
Menurut Thomas De Paulis, "Perokok dan peminum berat akan memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan gangguan liver bila mereka memiliki kebiasaan minum kopi secara teratur dibandingkan mereka yang tidak minum kopi." 
Sedangkan bagi orang yang susah berkonsentrasi mengkonsumsi kopi teratur dengan kadar yang wajar, diketahui dapat meningkatkan respon reaksi otak dalam mengolah memori. Hal ini terjadi karena, kopi merangsang lebih banyak daerah dalam otak.

8. Kopi dapat membantu mencegah serangan asma
Ada bukti yang menunjukkan bahwa kopi dapat membantu mencegah serangan asma dan bahkan dapat mengaturnya di saat kekurangan obat tradisional. Juga, kopi sangat bermanfaat dalam mengobati sakit kepala, khususnya migrain, dan penelitian menunjukkan, orang yang minum kopi meningkatkan perlindungan terhadap rongga perutnya sendiri. Bagi kaum hawa, mengkonsusmi satu hingga dua cangkir perhari mengurangi resiko terkena penyakit osteoporosis (pengeroposan tulang). Kafein juga diketahui dapat melegakan pernafasan bagi penderita asma dengan melebarkan saluran bronkial, saluran yang menghubungkan kerongkongan dengan paru-paru. Radikal bebas dalam tubuh yang merusak DNA, juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi kopi secara teratur dan wajar.

9. Kopi dapat membantu mengatur maupun menanggulangi depresi 
Kopi sudah terbukti dapat membantu mengatur maupun menanggulangi depresi. Sebagian, tentu saja, karena kandungan kafein membuat kita tetap sadar, yang dapat mengurangi perasaan depresi, namun mungkin juga berhubungan dengan tingkat oksidan yang terkandung dalam secangkir kopi. Sebenarnya, suatu penelitian dari Brazil baru-baru ini menunjukkan bahwa bahkan anak-anak dapat meminum kopi dalam jumlah yang sesuai dengan usianya untuk mengatasi depresi. Kenyataannya, dalam penelitian menunjukkan sejumlah kecil kopi (1-2 cangkir sehari) sesungguhnya memiliki manfaat bagi kesehatan anak-anak, meskipun pernyataan sebelumnya menyatakan bahwa meminum kopi dapat menghambat pertumbuhan seseorang.

10. Kopi bubuk masak dapat menjadi sumber serat yang baik
Tersedianya anti-oksidan alami dalam kopi dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Fakta baru lain, yang baru-baru ini ditemukan oleh Fulgencio Saura-Calixto dan M. Elena Diaz-Rubio dalam ACS’ Journal of Agricultural and Food Chemistry, menemukan bahwa kopi bubuk masak dapat menjadi sumber serat yang baik, setiap cangkir mengandung hampir 2 gram serat yang mudah larut. Kebanyakan orang yang menjalani diet sangat sadar akan manfaat serat dalam hal pengurangan berat badan. Menurut penelitian, “kandungan serat yang terdapat pada kopi bubuk masak lebih tinggi dibandingkan minuman umum lain seperti anggur maupun jus jeruk.” 

11. Kopi dapat membuat seseorang merasa nyaman dan senang
Menurut penelitian yang dilakukan di Southwestern University, orang yang gemar meminum kopi memiliki tingkat libido yang tinggi. Karena pada dasarnya, kopi secara alami dapat memicu tubuh untuk memproduksi hormon endorphin yang dapat meningkatkan mood dalam bercinta. Endorphin sendiri merupakan senyawa kimia yang dapat membuat seseorang dapat merasa nyaman dan senang, sehingga akan menjadikannya bersemangat, begitupun dalam melakukan “perang di ranjang”. Tapi jangan dipahami bahwa kopi memiliki zat untuk merangsang. Namun, merupakan mild stimultant yang harus dikonsumsi secara teratur tanpa berlebihan. Jadi bagi anda yang ingin mencoba seberapa efektif kopi memberikan semangat untuk bercinta, cobalah mengkonsumsi kopi. Namun jangan lupa untuk menambahkan beberapa sendok gula, karena gula pasir juga dapat mempengaruhi mood ketika bercinta

Jadi, mari kita minum kopi, saudara-saudara! Tapi kurangi gula!.


Saran
Cup-of-coffee Bahaya dan manfaat kopi telah kita baca bersama di atas. Kemudian, adakah jalan tengah yang menjembatani dari kedua permasalahan tersebut? Tentu saja ada. Kita selalu “berkompromi” agar keharmonisan hidup terjaga. Karena itu manusia disebut mahluk yang dinamis. Maka simak beberapa saran dan anjuran berikut ini:
Tips minum kopi yang baik :
Jangan menambah gula terlalu banyak. Disarankan kalau kopinya terasa pihat, Anda bisa menambahkan krim atau susu. Rasa pahit yang ditimbulkan kopi sebenarnya tidak lama. “Kopi yang bagus dalam roasting-nya, rasa pahitnya hanya 15 detik dalam tenggorokan.
Minum kopi dilengkapi dengan kue.
Teguklah kopi seperti meminum anggur. Pertama kali adalah mencium aromanya. Kemudian saat diminum tidak langsung ditelan, tapi dikulum terlebih dahulu untuk dikecap. Karena caranya seperti itu, para penikmat kopi tidak pernah merokok.
Bagi yang sensitive dengan kafein, bisa mencoba yang kadar kafeinnya sudah berkurang (decaf).

Yang patut dipahami:
Dosis
Memang belum ada ukuran yang pasti untuk dosis kopi yang boleh dikonsumsi orang. Namun kebanyakan penelitian mengungkapkan bahwa minum 300 mg kafein (sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi sehari) tidak memberikan efek negatif pada kebanyakan orang sehat. 
Sinyal Bahaya
Ketika mereguk kopi memang terasa nikmat, namun sering kali diikuti dengan sejuta rasa bersalah. Kenali sinyal bahaya kopi sehingga kita tahu kapan harus berhenti minum kopi. Sinyal bahaya itu antara lain: gelisah, jantung berdebar, gangguan tidur dan gangguan mood (mis: cepat marah). Seorang peminum kopi yang menghentikan kebiasaan minum kopinya dapat mengalami “caffeine withdrawal” yang ditandai oleh sakit kepala berdenyut, namun gejala ini akan hilang setelah 24-48 jam atau mendapat kafein dosis baru. 
Dengarkan Respon Tubuh
Setiap orang memiliki batasan sendiri mengenai konsumsi kafein. Kebanyakan orang dapat mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari tanpa masalah. Namun ada pula yang mengalami efek buruknya dengan jumlah konsumsi kopi yang sama. Ada yang bercerita setelah minum secangkir kopi menjadi tak dapat tidur sepanjang malam, sebaliknya ada yang tertidur pulas setelah minum kopi. Cara terbaiknya adalah mendengarkan respon tubuh sendiri!
Kenali Kandungan kafein
Setelah mengetahui dosis dan respon tubuh, ada baiknya kita mengetahui kandungan caffeine dalam produk-produk yang sering kita konsumsi. Bagi Anda yang mengalami dampak negatif dari minuman kopi, Anda bisa menggantikann dengan segelas air jeruk, sayuran hijau, disertai konsumsi vitamin B6 dan B12. Jenis-jenis makanan dan minuman ini tidak mengandung seng dan kafein, tapi tinggi mineral, vitamin serta asam folat. Padahal vitamin B6, B12, dan asam folat sangat berperan dalam menurunkan kadar homosistein dalam tubuh, sehingga penyakit jantung koroner pun bisa dihindari.

Gejala dan Bahaya Kebanyakan Minum Kopi. 

Anda adalah seorang yang biasa meminum kopi maka sebaiknya anda mengenali gejala terlalau banyak minum kopi karena akan membahayakan kesehatan tubuh anda, dalam artikel ini akan diulas secara tuntas tentang gejala kebanyakan minum kopi. Agar Anda bisa menakar kadar kafein dalam tubuh, yuk kenali beberapa sinyal tubuh yang menandakan Anda kebanyakan mengonsumsi kafein.
1. Berdebar-debar Tak Karuan
Jantung akan terasa berdebar-debar bila terlalu banyak minum kopi, karena dalam kadar tertentu kafein dapat mempengaruhi susunan saraf pusat di otak. Kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah sehingga tidak dianjurkan untuk penderita hipertensi dan sakit jantung.
2. Urin berwarna Kuning Gelap
Warna kuning gelap pada urin merupakan tanda tubuh mengalami dehidrasi. "Kopi bersifat diuretik yang bisa menyebabkan dehidrasi karena memicu Anda untuk banyak mengeluarkan jumlah urin, sehingga mengakibatkan tubuh kehilangan banyak cairan," kata Amy Gross, MPH, RD, CDN, pakar diet klinis di New York Presbyterian Hospital. Namun, sebenarnya Anda tidak akan mengalami dehidrasi hanya dengan mengonsumsi kafein, bila mengonsumsinya tidak lebih dari 500 mg/hari. Jadi batasi konsumsi kopi, maksimal dua gelas per hari.
3. Selalu Gelisah
Tangan berkeringat, jantung berdebar-debar disertai perasaan gelisah adalah petunjuk bahwa Anda telah overdosis kafein. Kafein dapat memperburuk stres dan depresi karena mengganggu zat penenang kimia pada otak yang disebut adenosin. Kafein juga dapat bertindak sebagai stimulan yang memicu kelenjar adrenal untuk mengeluarkan lebih banyak hormon stres seperti adrenalin. Hormon ini dapat meningkatkan denyut jantung dan membuat Anda lebih mudah cemas
4. Gangguan Pencernaan
Perut mulas dan rasa mual sering dikeluhkan saat minum kopi terlalu banyak. Kafein itu sendiri memang meningkatkan produksi asam di lambung. Coba hentikan dulu minum kopi untuk melihat apakah rasa tak nyaman tersebut mereda.
5. Berhalusinasi
Jika Anda sering mendengarkan suara aneh-aneh atau melihat sosok yang sebenarnya tidak terjadi, berarti Anda kelebihan mengonsumsi kafein. Sebuah penelitian di Inggris menyatakan bahwa orang yang minum kopi instan lebih dari 7 cangkir sehari mempunyai kemungkinan 3 kali lebih besar untuk berhalusinasi.
6. Sakit Kepala
Beberapa jenis obat sakit kepala menggunakan campuran kafein karena dalam jumlah sedikit senyawa ini memang memiliki khasiat anti nyeri. Namun efek sebaliknya bisa muncul jika dikonsumsi terlalu banyak, misalnya minum lebih dari 2-3 cangkir kopi espresso atau 5-6 cangkir kopi biasa setiap hari.
7. Insomnia
Efek samping paling umum dari minum kopi terlalu banyak adalah tidak bisa tidur. Bagi remaja atau orang paruh baya, efek ini mungkin hanya akan memicu rasa lelah namun bisa berdampak serius bagi kesehatan kaum lanjut usia.
8. Keringatan
Kopi meningkatkan produksi keringat dengan dua cara. Pertama, kafein merangsang sistem saraf pusat, yang mengaktifkan kelenjar keringat. Sehingga, makin tinggi kandungan kafein, makin banyak keringat yang diproduksi.
Bijaklah dalam kehidupan anda, “Tindakan pencegahan sejak dini, akan dan pasti dapat membawa kita pada pola hidup sehat.” Dengan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup akan membuat kita semakin menghargai apa arti hidup ini.


ANEKA JENIS DAN NAMA MINUMAN KOPI

Sebagai pecinta minuman kopi, sudah selayaknya kita mengenali beberapa jenis minuman kopi yang menjadi favorit dikalangan pecinta kopi di dunia, seperti dilansir laman times of india. Berikut ini adalah beberapa jenis nama minuman kopi yang sangat terkenal di dunia:

Americano
Kopi ini memiliki sejarah yang unik bagi orang yang mecicipinya. Menurut banyak orang, saat mengkonsumsi kopi Americano, seperti ada sensasi perasaan bisa menghina rakyat Amerika yang tidak memiliki tradisi kopi.

Espresso
Kopi espresso merupakan minuman kopi yang paling diminati oleh sebagian besar penikmat kopi di seluruh dunia. Padahal, jika dilihat dari bentuknya tampilan kopi ini sangat biasa saja karena cuma kopi hitam biasa.

Black Coffee
Minuman kopi ini hampir sama dengan kopi espresso, namun lebih nikmat jika disajikan dengan tambahan susu segar. Masyarakat Perancis merupakan konsumen utama minuman jenis ini sebagai pembuka hari.

Caffe Latte
Kopi jenis ini baiknya disajikan dengan air panas dengan penambahan susu. Takaran yang pasnya, kira-kira 3 banding 1. Namun harus diperhatikan pula tingkat kepanasan air yang digunakan untuk membuat minuman kopi jenis ini.

Cafe au Lait
Minuman ini bentuknya hampir sama seperti caffe latte, namun yang membedakan nya adalah kopi ini dibuat dengan menggunakan bahan kopi biasa. Untuk perbandingannya, lebih kurang sama sehingga rasa kopi ini lebih sedikit soft dibanding cafe latte.

Cappuccino
Kopi jenis ini merupakan varian yang paling banyak digemari oleh masyarakat penggemar kopi di seluruh dunia. Selain cita rasanya yang pas di lidah, aroma yang dimilikinya juga dapat menggugah selera. Minuman sering disajikan dalam bentuk panas atau dingin.

Cafe Macchiato
Kopi satu ini sama enaknya dengan kopi cappuccino, tetapi jenis kopi ini lebih banyak perbandingan kopi ketimbang susu. Alhasil, cita rasa kopinya lebih tajam.

Cafe Mocha
Jenis kopi yang paling digemari kaum hawa karena rasa mocha yang begitu kuat saat diminum. Dalam pembuatannya, perpaduan kopi capuccino dan kopi latte lalu diberi sirup cokelat hingga menghasilkan rasa yang unik namun memiliki kelezatan yang berbeda.

Frappe
Kopi frappe memang identik disajikan dengan penambahan es batu, juga gula sebanyak dua sendok teh. Dengan takaran ini, kopi menjadi sangat nikmat. Sering kali minuman ini ditempatkan di gelas panjang dan diolah menjadi shake kopi sehingga variasinya bertambah banyak.

Madras
Dalam bahasa India, kopi ini terkenal dengan nama Kopi saring. Minuman jenis ini hanya ada di India. Untuk bahannya, minuman ini terbuat dari dari tanah kasar dan dipanggang bersama kopi arabika serta kacang peaberry. Untuk membuatnya, tergolong cukup lama karena harus diseduh beberapa jam agar bahan-bahannya menyatu menjadi kopi nikmat.
Di indonesia hampir semua daerah punya ciri dan nama-nama kopi yang sangat terkenal dan digemari untuk dinikmati masyarakat lokal hingga mancanegara bahkan mungkin sampai internatiaoal. Nama dan jenis kopi di indonesia antara lain: 
  • Kopi Medan  
  • Kopi Palembang 
  • Kopi Aceh 
  • Kopi Maluku 
  • Kopi Palu 
  • Kopi Merak 
  • Kopi Susu 
  • Kopi Kapal Api 
  • Kopi Ginseng 
  • Kopiko 
  • Kopi Jahe 
  • Kopi NasGiTel 
  • Kopi Purwoceng 
  • Kopi Tubruk 
  • Kopi ABC 
  • Kopi Granul 
  • Kopi Ayam Merak
  • Kopi Herbal 
  • Kopi Luwak
dan masih banyak lagi yang tidak saya ingat, bagi pembaca yang tahu silahkan berikan komentar di bawah posting ini.
Tapi diantara pilihan kopi tersebut, saya malah lebih sering milih kopi paste...

Berikut ini adalah kopi yang sangat fenomenal di indonesia yaitu:

Kopi Luwak
Kopi pilihan ini sudah terkenal di kawasan Asia Tenggara dan tersebar luas pada tahun 1980-an. Mulanya kopi luwak ini berkaitan dengan sejarah pembudidayaan tanaman kopi di Indonesia. Kemudian pada abad ke-18 di pulau Jawa dan Sumatera Belanda membuka perkebunan tanaman komersial. Salah satu tanaman komersial yang dibudidayakan yaitu bibit kopi arabika (didatangkan dari Yaman). Selanjutnya, Belanda melarang pekerja perkebunan pribumi memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi pada masa tanam paksa atau Cultuurstelsel (1830-1870). Pelarangan yang dilakukan Belanda terhadap penduduk pribumi mengakibatkan mereka memiliki rasa ingin mencoba minuman kopi luwak yang terkenal itu. Para pekerja perkebunan akhirnya menemukan sejenis musang gemar memakan buah kopi, tapi hanya daging buah yang tercerna, kulit ari dan biji kopinya masih utuh dan tidak dapat tercerna. Biji kopi dalam kotoran musang jenis ini dipunguti, dicuci, lalu disangrai dan ditumbuk. Setelah proses penumbukan selesai, maka kopi tersebut diseduh dengan air panas sehingga terciptalah kopi yang membuat penasaran penduduk pribumi yaitu kopi luwak. Kemudian kopi tersebut semakin tersebar luas karena aroma dan rasanya yang khas. Wajar jika akhirnya kopi ini menjadi kopi pilihan dan harganya mahal karena yang meminumnya orang-orang pilihan (misalnya bangsawan Belanda).
Penelitian Kopi Luwak
Penelitian Kopi Luwak telah dilakukan oleh seorang saintis bernama Massimo Marcone dari University of Guelph in Ontario, Canada. Dia mempelajari mengapa kopi luwak bisa memiliki cita rasa enak dan khas. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa kopi yang di makan luwak di dalam perutnya akan difermentasi oleh enzim bernama Proteolytic. Enzim ini akan menguraikan protein yang ada dalam kopi menjadi lebih sederhana sehingga dapat menambah cita rasa yang tinggi. Ternyata penelitian mengenai kopi luwak tidak sebatas terhadap rasanya. Paling tidak ada dua perusahaan yang melakukan penelitian untuk mencoba membuat kopi luwak tanpa menggunakan hewan luwak. Mereka mencoba membuat proses buatan di luar hewan luwak terhadap kopi. Dan hasilnya, rasa kopi luwak buatan tersebut mendekati aslinya. Kedua perusahaan tersebut adalah :Gainesville Florida firm, Coffee Primero dan Trung Nguy√™n Coffee Company di Vietnam. Dan mereka telah melisensikan hasil temuannya tersebut.

Inovasi Produksi Kopi Luwak berbasis Teknologi (ITB)
Karena proses produksi kopi ini sangat sedikit dan bergantung pada sistem biologis hewan luwak, maka kopi ini dinobatkan sebagai kopi termahal di dunia. Namun demikian, peminatnya tinggi karena cita rasanya yang khas. Akibatnya terjadilah penangkaran terhadap hewan luwak secara besar-besaran membuat ketidakseimbangan populasi hewan ini di alam. Hewan yang bernama ilmiah Paradoxurus hermaphrodites ini pun dinobatkan sebagai hewan langka.
Permasalahan tersebut menginspirasi Ali Budhi, Warih, dan Maliki dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB untuk memberikan suatu inovasi penelitian terkait produksi kopi luwak ini. Inovasi tersebut diberi nama Kopi Luwak Zimobiotik. Kopi luwak Zimobiotik ini merupakan kopi luwak yang diproduksi di dalam fermentor terkontrol (ex-situ). Prinsip kerja fermentor ini adalah pemimikan proses reaksi enzimatis dan fermentasi microbial yang terjadi alami di dalam saluran pencernaan hewan luwak. " Produk ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan cara konvensional, antara lain hasil produksi dalam skala besar, kualitas produk terkontrol secara analitik, harga ekonomis dan tidak merusak kelestarian populasi hewan luwak di dalam." terang Ali Budhi, ketua penelitian kepada Kantor Berita. Inovasi teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kopi luwak serta berkontribusi dalam kelestarian musang luwak. Penelitian yang dibimbing oleh Dr. I Nyoman Aryantha ini berhasil membawa ITB meraih juara 1 dalam ajang Youth Agrotechnopreneurship Competition (YAC) 2010 yang digelar di Institut Pertanian Bogor pada bulan Oktober lalu. YAC merupakan ajang perlombaan business plan tingkat nasional yang memiliki fokus pada pengembangan produk pertanian melalui sentuhan teknologi. Hal ini dapat menunjukan juga bahwa ITB juga memiliki keunggulan dalam bidang pengembangan produk-produk hayati melalui sentuhan teknologi. "Untuk aspek pemasaran kami bekerja sama dengan PT Nugaramitra, produsen kopi luwak Pengalengan Kabupaten Bandung. Beberapa supllier dan distributor kopi luwak kami antara lain Morningglory, Instansi seperti Balai Besar Pertanian Lembang, Korps Distrik Militer Jawa Barat, Bank Jabar Banten, PT Indosis anak cabang dari MedcoEnergi dan perusahaan ekspor Indonesia." jelas Ali ketika ditanya tentang strategi pemasaran. "Kami berharap Kopi Luwak Zimobiotik ini menjadi solusi modern akan penurunan kualitas dan kuantitas kopi luwak saat ini." Ujar mahasiswa Mikrobiologi angkatan 2007 ini menutup perbincangan. (Sumber : itb.ac.id )

Kualitas Dan Manfaat Kopi Luwak

Biasanya bagi sebagian orang setelah minum kopi sebelum tidur malam dan setelah bangun pada pagi harinya  badan  terasa sakit dan pegal-pegal dipingang maupun dipunggung, seluruh tubuh terasa sakit dan tidak segar, mungkin itu semua karena pengaruh zat-zat kimia campuran dalam kopi tersebut. Namun, kopi jenis ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya:
  • Minum kopi luwak secangkir setiap hari dapat mencegah resiko kanker mulut karena di dalamnya terdapat senyawa yang dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA. Selain itu juga dapat melindungi gigi.
  • Minum kopi luwak dua sampai lima cangkir setiap hari dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit nonmelanom sehingga dapat dikatakan melindungi kulit.
  • Orang yang meminum kopi luwak dapat menghindarkan tubuhnya dari penyakit diabetes. Alasannya yaitu ketika orang meminum tiga sampai empat cangkir kopi reguler atau kopi decaf (dengan kadar kafein yang dikurangi) maka risiko diabetes tipe II dapat turun hingga 30%.
  • Minum kopi luwak dapat mencegah penyakit saraf karena kandungan antioksidan di dalam kopi akan menghambat kerusakan pada sel yang dihubungkan dengan parkinson.
  • Minum kopi luwak juga dapat menurunkan risiko kanker payudara. Biasanya wanita yang menjelang masa menopause mengonsumsi empat cangkir kopi sehari sehingga terjadi penurunan risiko kanker payudara sebesar 38%.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah memberikan kopi pilihan ini kepada PM Australia, Kevin Rudd, pada kunjungannya ke Australia di awal bulan Maret 2010. Hal tersebut menjadi perhatian pers Australia.


FATWA MUI TENTANG KOPI LUWAK

Para ulama di indonesia ada perbedaan pendapat  terkait halal dan haramnya kopi luwak. berikut  ini saya kutip dari republika.co.id terkait fatwa MUI tentang kopi luwak:
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Majlis Ulama Indonesia menilai kopi luwak berunsur najis. Penyebabnya, biji kopi yang dimakan luwak telah melalui proses pencernaan dan ke luar menjadi feses. Namun, setelah dicuci dengan air bersih, biji kopi itu menjadi halal. Meminum dan memroduksi kopi ini tidak bermasalah secara agama.MUI sempat berdebat panjang apakah kopi tersebut haram atau tidak. “Ternyata halal,” jelas Direktur Lempaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI, Lukmanul Hakim, di kantornya, Selasa (20/7). Dijelaskannya, tingkatan najis kopi tersebut adalah mutawassithah atau pertengahan. “Bukan najis mughallazhah atau najis berat,” tegasnya. 
Najis pertengahan tersebut hilang setelah dicuci dengan air bersih untuk menghilangkan aroma dan rasa najis tersebut. Sementara aroma dan rasa kopi tidak berubah. Lukman mengatakan, biji kopi tersebut dibungkus kulit tebal atau kulit tanduk seperti biji melinjo. 
Ketika melalui proses pencernaan biji kopi tidak tercemari unsur feses luwak. Unsur najis, jelasnya, hanya ada di bagian luar biji kopi. Sementara bentuk biji kopi tidak berubah. 
Dirinya mengakui sempat terjadi perdebatan dalam tiga kali rapat anggota MUI terkait halal dan haramnya kopi luwak. Mereka yang mengatakan haram beralasan biji kopi tercemari feses atau bahkan disebut sebagai feses. Namun, jelasnya, argumen itu gugur karena terbukti kopi tersebut tidak mengandung feses setelah dicuci air. 
Ketua Bidang Fatwa Majlis Ulama Indonesia, Kyai Haji Ma’ruf Amin, mengatakan, pada mulanya biji kopi luwak menjadi haram dikonsumsi karena masih berunsur najis. Keharaman tersebut bukan karena biji kopi tersebut haram dimakan, tetapi ada sebab, yaitu unsur-unsur feses. 
Namun setelah dibersihkan ternyata unsur itu tidak ada lagi. “Karena itulah menjadi halal dikonsumsi,” terangnya. Lagi pula, jelasnya, jika biji kopi itu ditanam kembali maka tetap akan tumbuh. 
Ma’ruf mengatakan, fatwa tersebut dikeluarkan berdasar pertanyaan PT Perusahaan Negara (PTPN) XII yang mengembang-biakkan luwak. “Di Pengalengan, Jawa Barat, mereka juga akan mengembangkan,” terangnya. Mereka bertanya-tanya apakah halal atau haram hukumnya. 
Mereka, jelas Ma’ruf, bukan meminta kopi luwak dihalalkan. Dia mengatakan, kalau meminta dihalalkan maka tidak ada artinya, karena sama saja dengan memaksa. PTPN yang akan mengembangbiakkan luwak ini terletak di Jawa Timur dan Jawa Barat. “Kami pun membahasnya di komisi fatwa MUI,” ungkapnya. 
PT Perkebunan Nusantara II (Persero) atau biasa disingkat PTPN II (Persero) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang agrobisnis perkebunan. Badan usaha ini dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 1996 tanggal 14 Februari 1996. 
Kopi luwak dibuat dengan bahan dasar biji kopi. Luwak atau sejenis musang atau civet dilepas dalam sebuah kandang besar untuk memakan biji kopi yang sudah matang berjatuhan. Setelah itu, mereka menunggu para luwak membuang kotoran.
Biji kopi yang ke luar bersamaan kotoran luwak itu diambil untuk diproses lebih lanjut. Lantaran proses yang aneh itulah, MUI mengeluarkan fatwa tentang kopi luwak. (Sumber: Republika)


Kopi RADIX
Kopi RADIX adalah kopi herbal alami tradisional yang sangat bermanfaat menjaga stamina dan vitalitas pria dan wanita, Kopi radix sinergis merupakan kopi pendongkrak stamina yang di buat dengan mensinergikan 7 tanaman herbal berkhasiat obat yaitu :
  1. Tongkat Ali / Gingseng.
  2. Teja Lawang.
  3. Tebu Gajah.
  4. Mata Pelanduk.
  5. Mengkudu Hutan.
  6. Halban.
  7. Larak Hutan
Kopi RADIX adalah kopi herbal alami tradisional yang sangat bermanfaat menjaga stamina dan vitalitas pria dan wanita, Kopi radix sinergis merupakan kopi pendongkrak stamina yang di buat dengan mensinergikan 7 tanaman herbal berkhasiat obat
Kopi RADIX adalah kopi herbal alami tradisional yang sangat bermanfaat menjaga stamina dan vitalitas pria dan wanita, Kopi radix sinergis merupakan kopi pendongkrak stamina yang di buat dengan mensinergikan 7 tanaman herbal berkhasiat obat
    Hasil sinerginya menjadikan manfaat minum Kopi Radix Sinergis hpai sebagai satu satunya kopi yang aman untuk kesehatan jantung sekaligus dapat di gunakan sebagai terapi pengobatan berbagai penyakit ringan maupun kronis. Minum Kopi Radix setiap hari aman bagi kesehatan anda karena tidak menggunakan gula pasir biasa, karena kopi radix sinergis menggunakan pemanis dari herbal Tebu gajah jadi aman untuk penderita Diabetes. Info Lengkap Tentang khasiat dan manfaat Kopi Herbal ini Bisa di Baca DI SINI. Testimony konsumen yang telah merasakan manfaat hebat kopi radix sinergis Silahkan KLIK DI SINI



    Referensi :
    abuherbalbogor

    50 komentar

    Kopi dapat memperlambat penuaan

    artikel yg bermanfaat, tks infonya gan.......

    Semoga bermanfaat,.

    Kopi dapat memperlambat penuaan?
    Mungkin Anda lebih tahu dari saya, tolong anda jelaskan secara ilmiah dan lebih detail, atau sebutkan sumber referensinya?

    Semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungan anda.

    Saya sekedar berbagi informasi dan Semoga bermanfaat untuk kita.

    AAMIIN...

    thankz buat infonya...sangat brmanfaat buat ane khususnya

    bang sebelumnya ane ijit copas buat referensi artikel ane...

    trims

    Orang tua saya sering menegur saya kayak gini "Klo kebanyakan minum kopi bisa jadi bodoh, apakah benar pernyataan itu gan??"

    Klo bisa tolong jelaskan alasannya, terima kasih.

    Saya belum menemukan kasus seperti itu, yang saya tahu dan menurut saya makan dan minum apapun kalau kebanyakan (berlebihan) pasti akan berakibat tidak baik bagi kesehatan, saran saya makan dan minumlah secara wajar dan proporsioanal.

    saya punya contoh kebalikan dari yang anda alami, anak saya (perempuan) sewaktu masih berumur 1,5 tahun suka meniru-niru apapun yang saya (ayahnya)lakukan, termasuk hobi saya minum kopi dipagi hari, cara minum dan gaya minumnya meniru persis yang saya lakukan. Selera minum kopi anak saya selalu sama dengan saya hingga sekarang anak saya berusia 13 tahun, buktinya anak saya selalu dapat rangking di kelasnya.

    Saya juga belum tahu ada hubunganya atau tidak antara minum kopi dengan kecerdasan seseorang.

    Semoga ada yang bisa membantu pertanyaan anda

    wa informatif
    semua yang di minum(makan) di luar batas kewajaran pasti akan menimbulkan efek samping..
    bagi saya sendiri
    (yang kebetulan penggemar kopi ) minum kopi
    sewajarnya bisa membuat rileks dan santai
    thanks gan atas informasi yang sangat bermanfaat ini

    Cterimkasih atas semuah petunjuk nya karena sangat bermafaat buat saya
    Dan mudah mudahan untuk semuah orang yang membaca dan menghayati nya.

    Mas, Natsu masih 15 tahun (cewe), tapi demen banget minum kopi! Bisa sampe 3-5 cangkir/hari

    Apa kopi itu akan brdampak buruk saat Natsu udah mencapai usia dewasa dst?

    Kemungkinan dampak buruknya Hiruma Natsuhi jadi kecanduan, kalau dalam waktu sehari saja belum ngopi serasa masih ada yang kurang dan selalu teringat kepingin ngopi, kalau dorongan keinginan untuk ngopi itu sangat tinggi maka itu gejala kecanduan minum kopi. minum kopi 3-5 cangkir/hari menurut saya itu masih dosis yang wajar selama anda dalam kondisi sehat. Yang perlu anda waspadai adalah apabila anda menderita hypertensi dan maag, seperti yang kita ketahui para dokter menganjurkan untuk mengurangi bahkan ada yang melarang untuk minum kopi bagi penderita penyakit darah tinggi dan maag. untuk lebih jelasnya silahkan konsultasikan dengan dokter anda.

    sama-sama sob, semoga bisnis anda semakin sukses.

    sama-sama gan, lebih santai lagi kalau kita ngobrolnya sambil menikmati coffeecangkir :)

    saya bukanlah seorang yg hobi ngopi tapi setelah membaca ini perlu dipertimbangkan

    Betul sekali om Hendra Rambe, sebelum Anda kecanduan minum ngopi sebaiknya dihindari atau minimal jangan sering-sering minum kopi, lebih sehat minum air putih, silahkan baca postingan "Cara Terapi Air Putih Untuk Pengobatan Berbagai Penyakit".

    “Tindakan pencegahan sejak dini, akan membawa kita pada pola hidup sehat.” Dengan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup akan membuat kita semakin menghargai apa arti hidup ini.

    terima kasih gan! saya pecinta kopi merasa sangat terbantu dengan artikel anda diatas, saya harap untuk kedepannya anda dapat menguraikan info-info lain yang bermanfaat masyarakat banyak! terimakasih! :)

    bang, ngomong soal kopi punya produk kopi herbal namanya kopi herbal radix untuk staminta dan vitalitas pria dan wannita, bolehkah kita kerja sama saya pasang iklan di bawah artikel ini, kalau bersedia bisa kontak saya di email sriyonohpai@gmail.com atau no hp saya di 0899 2675 603

    Terima kasih atas tawaran kerjasama Abu Herbal Bogor, kalau sudah ada waktu saya akan segera menghubungi email bapak.

    Sama-sama terima-kasih kembali atas kunjungannya agan Nanz Trafalgar di blog ini, artikel di atas hanyalah untuk catatan pribadi hasil kopas (kopi-paste) dari sana-sini yang saya ambil dari pencarian di mbah google. Pengetahuan saya sendiri sebenarnya masih sangat terbatas, informasi tentang kopi di internet sudah sangat banyak sekali, saat ini sudah banyak beredar di pasaran produk kopi herbalis, contohnya Kopi Radix Sinergis 7 herbal alami, dan bahkan ada kopi Sinergi ramuan herbal dalam Zstar Coffee Pancasona memungkinkan semua penderita hipertensi dapat menikmati lezatnya aroma sajian kopi spesial, saya juga tertarik ingin mengupas tentang pro-kontra haram-halalnya kopi luwak oleh sebagian pendapat para ulama, kareana pengetahuan dan waktu saya yang sangat terbatas maka saya belum bisa mengupas tuntas semua jenis dan varian kopi yang beredar di pasaran indonesia. Kalau ada yang bisa membantu silahkan berikan komentarnya dibawah ini.

    Minum kopi dan teh pahit tiap pagi dapat memperlambat dementia (kepikunan). Kandungan kafein pada kopi dan teh pahit dapat menghambat aktivitas enzim acetylcholinesterase (AChE) yang berpotensi terhadap kepikunan.

    hahaha itu so pasti efek rileks juga merupakan faktor penting mungkin dengan coffeecangkir semua bisa teratasi.. oya salam kenal gan dan sukses buat agan...
    n jangan lupa perbanyak artikel kopi biar bisa menjadi bahan referensi ane juga
    xixixix

    wa menarik ni topik pembahasannya apa lagi sesama penggemar kopi..
    ya baru sich ane mengenal kopi tapi banyak rahasi di balik biji hitam tersebut

    Ralat salah ketik ^ saran saya makan dan minumlah secara wajar dan proporsioanal. maksud saya minumlah secara wajar dan proporsional (sesuai dengan porsinya)

    hahaha, salam kenal juga gan, di situs anda http://www.coffeecangkir.com/ sudah banyak artikel yang mengulas tentang kopi, situs anda yang akan saya jadikan bahan referensi ane, :)

    semua rahasianya secangkir kopi ada di balik situs http://www.coffeecangkir.com/ dan NGABIDIN WEB

    http://www.ngabidin.web.id/2013/02/manfaat-dan-efek-samping-minum-kopi.html

    info yang sangat bermanfaat, biar kita kita bisa ambil manfaat positf minum kopi, sekaligus meminimlisir efek buruknya, nice info

    Thx info nya gan..sangat bermanfaat..

    bagi pencaduk cofe/ kopi klo perut tidak mau mual dan mulas jangan coba2 minum kopi/cofe pakai gula pasir,lebih baik tidak pakai gula sama sekali itu lebih baik menurut doctor ejay hehehe.

    silahkan dicoba dan rasakan Khasiat manfaat minum kopi radix sinergis Hpai, Kopi RADIX adalah kopi herbal alami tradisional yang sangat bermanfaat menjaga stamina dan vitalitas pria dan wanita, Kopi radix sinergis merupakan kopi pendongkrak stamina yang di buat dengan mensinergikan 7 tanaman herbal berkhasiat obat yaitu :
    Tongkat Ali / Gingseng.
    Teja Lawang.
    Tebu Gajah.
    Mata Pelanduk.
    Mengkudu Hutan.
    Halban.
    Larak Hutan

    Yg wajarnya aja secara hukum dan agama jgn berlebihan mengkonsumsinya udah cukup sbgai panduan kita buat minum apapun

    arigatou tuk infonya, mas. saya sengaja mencari artikel ttg dampak buruk minum kopi berlebihan karena memang saya pecandu kopi. Dalam sehari saya biasa menghabiskan 4 gelas ukuran tanggung.
    sekalian tanya, apa benar mitos orang yg suka kopi itu pasti juga perokok? soalnya teman2 saya banyak yg heran klo saya suka ngopi tp kok nggak merokok. sebagai info tambahan : saya bukan perokok.
    makasih sebelumnya, mas.

    Terima kasih mas Suro-Bajul, semoga postingan tersebut bermanfaat. Mengenai mitos orang yg suka kopi itu pasti juga perokok menurut saya itu tidak benar, tapi pada umumnya seorang perokok sejati pasti seorang pecandu kopi, menurut pendapat beberapa perokok yang sudah pernah saya tanyakan tentang hal tersebut mereka merasakan bahwa merokok ditemani secangkir kopi panas terasa nikmat sekali, saking nikmatnya semua masalah yang ada dipikirannya jadi tidak dipedulikan, yang pasti suasana jadi lebih rileks dan santi, bahkan alasan yang paling mendasar bagi seorang perokok harus jadi penikmat kopi karena mereka beranggapan bahwa zat kafein bisa mengurangi zat nikotin, slogan laki-laki seorang perokok aktif "seorang pecandu rokok sudah pasti pecandu kopi" mengenai kebenarannya hal tersebut saya sendiri juga belum tahu.

    Yang saya tahu minuman paling baik adalah Air putih, ASI (susu) dan madu. silahkan baca artikel mengenai air putih di http://www.ngabidin.web.id/2013/03/terapi-air-putih-untuk-berbagai-penyakit.html

    kopi
    Ketika
    Otak
    Perlu
    Inspirasi

    bagi saya kalo masalah sehat atau tidaknya kopi gak ngaruh tuh
    koppi adalah sumber energi bagi saya
    kalo masalah yang laen mah aq pasrah sama ALLAH SWT
    smua sudah di atur oleh ALLAH SWT hidup mati sehat sakit rejeki jodoh dan lain''

    terima kasih

    Ketika
    Otak
    Perlu
    Inspirasi
    >>>>>>>
    setelah minum kopi apakah mas tino rantoyo mendapatkan inspirasi?

    lumayan ngilangin capek and ngilangin Bt klw minum kopi., and q paling suka kopi dari kalimantan, itu strong bgt kopinya kafeinnya wih keren langsung bikin melek 2 hari klw minum itu kopi. keseringan minum itu kopi sekarang jadi biasa aja.

    Juny Ningsih sepertinya pecandu kopi kelas berat ya?
    Bagi saya minum kopi (apalagi kalau minum kopi hitam) memang bisa ngilangin capek dan ngilangin BT, tapi hanya saat menikmati minum kopi saja, kalau dalam sehari kebanyakan ngopi dan begadang biasanya keesokan harinya setelah bangun tidur badanku rasanya pegal-pegal semua.

    Lebih sehat kalau kebanyakan minum air putih "http://www.ngabidin.web.id/2013/03/terapi-air-putih-untuk-berbagai-penyakit.html"

    Silahkan berikan komentar Anda di halaman ini.
    Tautan (link) hidup dalam komentar akan disembunyikan secara otomatis.
    Jika ingin menyisipkan tautan silakan gunakan tag: <i rel="URL">URL ANDA</i>
    Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">TEKS JUDUL ANDA DI SINI</b>
    Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">Tulis URL GAMBAR Anda di sini </i>
    Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">Tulis KODE ANDA di sini</i>
    Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre"> KODE PANJANG di sini</i>
    Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS TEBAL ANDA DI SINI</b>
    Untuk menciptakan efek tulisan miring gunakan tag <i>TEKS MIRING ANDA DI SINI</i>

    Klik emoticon untuk melihat kode!
    :) :( ^_^ :D ;) :-bd :'( :\ :p B) :Q :Ozz 7:( \o/ **p <3 0:) :-a 7:O *fck* x@ X@ ~x( :yaya: =p*