Selasa, 15 Oktober 2013

Praduga Tak Bersalah

Praduga Tak Bersalah

Dugaan, tidaklah lantas memberi kita hak menyindir apalagi menuduh orang lain. penting sekali bagi kita untuk bertanya asbab sebelum tuduhan, agar kita tidak jatuh pada kesalahan yang memalukan bahwa kita telah menuduh orang yang keliru.

Dan orang orang beradab selalu mendahulukan prasangka baik dan pertanyaan sopan. jika dijawab, maka ia mencukupkan diri dengan jawaban tersebut.

Imam Syafi’i berkata: “Wahai Yunus, apabila engkau mendengarkan kabar yang tidak mengenakkan dari seorang teman. Janganlah lantas terburu memusuhinya dan memutus tali hubungan kasih. Karena dengan demikian engkau termasuk orang yang menghilangkan keyakinan dengan keraguan.

Tetapi yang benar temuilah dia dan katakan padanya; aku mendengar engkau berkata begini dan begini, jangan sebutkan secara mendetail. Apabila ia mengelak, katakan padanya ‘engkau lebih benar dan lebih baik dari yang kudengar’ dan jangan perpanjang urusannya.

Tapi kalau ia mengakuinya dan kamu melihat ada yang bisa dijadikan alasan baginya dalam masalah itu, terimalah alasannya. Namun apabila engkau tidak mendapatkan alasan apapun baginya, sementara amat sulit jalan untuk mendapatkannya, engkau bisa tetapkan ia melakukan kesalahan.

Setelah itu jika engkau mau, engkau bisa membalas dengan yang setara dengan perbuatannya tanpa menambah-nambah. Dan kalau engkau mau, engkau bisa memaafkannya. Dan memaafkannya lebih dekat menuju ketakwaan dan lebih menunjukkan kemuliaanmu. Sebagaimana firman Allah Ta’ala yang artinya:

“Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barangsiapa memaafkan dan berbuat baik, maka pahalanya atas tanggungan Allah. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang zalim.” (QS. Asy-Syura: 40)”





Sumber:
* Panduan ahlak Salaf *
Aaliyah Mazeeun

Silahkan berikan komentar Anda di laman ini.
Tautan (live links) spam dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Jika ingin menyisipkan tautan silakan gunakan tag: <i rel="URL">URL ANDA</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">TEKS JUDUL ANDA DI SINI</b>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">Tulis URL GAMBAR Anda di sini </i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">Tulis KODE ANDA di sini</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre"> KODE PANJANG di sini</i>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS TEBAL ANDA DI SINI</b>
Untuk menciptakan efek tulisan miring gunakan tag <i>TEKS MIRING ANDA DI SINI</i>

Toko online busana muslim syar'i, cantik, elegant, stylish, trendy, murah & Grosir.