Senin, 16 Desember 2013

Glosarium, Internet, Situs Web, Google, SEO

Glosarium atau daftar kata/istilah di bawah ini saya susun untuk memudahkan saya dalam memahami dan membantu mengingat istilah-istilah di dunia internet, situs web dan teknik SEO di Google.

Sebenarnya judul postingan ini masih belum tepat, tapi karena saya belum menemukan kata-kata yang pas maka daripada tanpa judul maka saya beri judul yang menurut saya ada hubungan dengan Glosarium, Internet, Situs Web, Google, SEO. Glosarium atau daftar kata/istilah di bawah ini saya susun untuk memudahkan saya dalam memahami dan membantu mengingat istilah-istilah di dunia internet, situs web dan teknik SEO di Google.


Ok, langsung saja ke TKP :
Glosarium di Dunia Internet, Situs Web dan Google SEO



CSS
Singkatan dari Cascading Style Sheets; sebuah bahasa untuk menentukan desain dan tata letak sebuah laman web.
Domain
Alamat di internet yang mengindikasikan lokasi komputer atau jaringan. Alamat ini
dikelola untuk menghindari duplikasi. 


Direktori akar
Direktori paling atas dari struktur pohon suatu situs. Biasanya disebut "akar" (root).

DNS
Apa itu DNS?
DNS adalah Domain Name System (DNS) menyediakan pengunjung mengakses website menggunakan nama domain dan bukan alamat IP. 
Bagaimana cara kerja DNS?
DNS menerjemahkan manusia-berbicara (nama domain) ke komputer-berbicara (alamat IP). Nama domain adalah nama berbasis teks yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website atau lokasi Internet. Alamat IP adalah string nomor yang digunakan oleh setiap komputer yang terhubung ke Internet untuk mengidentifikasi lokasi situs web dan berkomunikasi dengan komputer lain dan server Web.
DNS menerjemahkan situs web berbasis teks atau identifier lokasi pengunjung memasuki ke alamat IP nomor berbasis website terkait atau lokasi Internet. Misalnya, coolexample.com adalah nama domain. 208.109.80.196 adalah alamat IP yang terkait dengan coolexample.com. DNS menerjemahkan nama domain coolexample.com ke alamat IP 208.109.80.196.
Menggunakan DNS, kita bisa memasukkan nama domain berbasis teks mudah-diingat dan mencapai alamat Internet dapat dibaca oleh mesin. 
Bagaimana DNS tahu mana alamat IP untuk digunakan?
Setiap nama domain menyimpan informasi DNS di file zona. Koleksi besar file zona untuk nama domain yang berbeda disimpan pada nameserver. Nama domain menunjuk ke nameserver untuk mencari file zona mereka - untuk melakukan hal ini, nama domain harus mengarah ke nameserver memegang file zona spesifik. 
Bagaimana saya tahu mana nameserver untuk digunakan?
Bila Anda mendaftar nama domain dengan kami, kami secara otomatis memarkir nama domain dan mengatur nameserver ke server parkir kami. Jika Anda mengaktifkan nama domain atau membuat perubahan ke situs web Anda hosting, perusahaan hosting Anda memberikan nama nameserver atau alamat IP mana file zona nama domain anda berada. Gunakan informasi ini untuk memperbarui pengaturan nama domain di registrar Anda. Setelah Anda memperbarui nameserver Anda atau alamat IP, memungkinkan 24 sampai 48 jam untuk informasi baru untuk menyebarkan melalui Internet, dan kemudian pengunjung bisa mencapai situs web Anda menggunakan nama domain Anda.

Mesin telusur
Fungsi komputer yang menelusuri data yang tersedia di internet menggunakan kata
kunci atau istilah yang ditentukan lainnya, atau sebuah program yang berisi fungsi ini.

Tag <head>
Elemen yang menunjukkan bagian kepala dalam dokumen HTML. Konten elemen ini
tidak akan ditampilkan di browser.

HTML
Singkatan dari HyperText Markup Language, sebuah bahasa yang digunakan saat
mendeskripsikan dokumen laman web. Bahasa ini menyatakan elemen dasar dari
laman web, termasuk teks dokumen serta hyperlink dan gambar apa pun yang
tersemat di dalamnya.

Kueri penelusuran
Satu atau beberapa istilah yang merupakan masukan oleh pengguna saat melakukan
penelusuran di mesin telusur.

Cuplikan
Teks yang ditampilkan di bawah judul dari laman web terkait yang muncul di laman
hasil penelusuran mesin telusur. Ringkasan laman web dan/atau bagian laman yang
cocok dengan kata kunci penelusuran akan ditampilkan.

Proyek Direktori Terbuka (ODP)
Direktori web yang dijalankan secara sukarela terbesar di dunia (daftar tautan internet
yang dikumpulkan dalam skala besar dan kemudian dikelola berdasarkan kategori).


Subdomain
Jenis domain yang digunakan untuk mengidentifikasi kategori yang lebih kecil dari
domain biasa.  

Perayapan
Penjelajahan situs web oleh perangkat lunak mesin telusur (bot) untuk mengindeks kontennya.

Parameter
Data yang diberikan dalam URL untuk menentukan perilaku situs.

ID (ID sesi)
Data yang disediakan untuk identifikasi dan/atau pengelolaan perilaku pengguna yang saat ini mengakses komunikasi sistem atau jaringan.

Pengalihan 301
Pengalihan 301 memaksa pengunjung situs untuk otomatis pindah ke URL yang ditentukan. Kode status tanggap 301 Moved Permanently digunakan untuk pengalihan permanen. Kode status ini digunakan bersama kepala lokasi. RFC 2616 menyatakan bahwa: 
  • Jika seorang klien memiliki kemampuan menyunting tautan, maka ia harus memutakhirkan semua rujukan terhadap Request URI.
  • Tanggapannya dapat disinggahkan.
  • Kecuali metode permintaannya adalah HEAD, maka entitas ini harus memiliki catatan hiperteks kecil dengan hipertautan menuju URI baru.
  • Jika kode status 301 diterima sebagai tanggapan terhadap permintaan jenis apapun kecuali GET atau HEAD, maka klien harus memberitahu pengguna sebelum mengalihkan.

SITEMAP
Sebuah petasitus (huruf kecil) adalah laman sederhana pada situs Anda yang menampilkan struktur situs web, dan biasanya berisi cantuman hierarki laman situs. Pengunjung bisa mengunjungi laman ini jika mereka memiliki masalah dalam menemukan laman pada situs Anda. Meskipun mesin telusur juga akan mengunjungi laman ini, dan mendapatkan cakupan perayapan yang baik dari laman situs Anda, sebenarnya laman ini ditujukan untuk pengunjung manusia.
Petasitus XML  
Petasitus XML adalah daftar laman pada situs web tertentu. Dengan membuat dan mengirimkan daftar ini, Anda dapat memberi tahu Google semua laman di situs web, termasuk URL apa pun yang mungkin tidak terdeteksi oleh proses perayapan reguler Google.
File Petasitus XML (huruf besar), yang dapat Anda kirimkan melalui Alat Webmaster Google,
mempermudah Google menjelajahi laman situs Anda. Menggunakan file Petasitus juga merupakan cara baru (meski tidak menjamin) untuk memberi tahu versi URL yang ingin Anda jadikan kanonis kepada Google (mis. http://example.com/ atau http://www.example.com/; lebih lanjut tentang domain mana yang lebih disukai). Google membantu membuat Skrip Sitemap Generator sumber terbuka untuk membantu Anda membuat file Petasitus untuk situs Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Petasitus, Pusat Bantuan Webmaster menyediakan panduan penting untuk file Petasitus. 
Petasitus HTML dan Petasitus XML dapat membantu pengguna menemukan konten yang mereka cari dengan mudah, dan Petasitus XML dapat membantu mesin telusur menemukan laman di situs Anda.

Flash
Teknologi atau perangkat lunak web yang dikembangkan oleh Adobe Systems Incorporated. Teknologi ini dapat membuat konten web yang memadukan suara, video, dan animasi.

JavaScript 
Sejenis bahasa pemrograman. Bahasa ini dapat menambahkan fitur dinamis ke laman web dan digunakan oleh banyak layanan web.

Menu tarik turun 
Sebuah sistem yang memungkinkan pengguna memilih konten dari menu. Saat seseorang mengeklik di menu, daftar pilihan akan ditampilkan dalam bentuk daftar yang dapat ditarik.
Aksesibilitas 
Kemampuan pengguna dan mesin telusur untuk mengakses dan memahami konten.

Pengalaman pengguna
Pengalaman yang didapatkan pengguna dengan menggunakan produk, layanan, dll. Penekanan diberikan dengan menyediakan pengalaman yang sangat dicari oleh pengguna, misalnya "kesenangan", "kemudahan", dan "kenyamanan".

Kode status HTTP
Sebuah kode yang mengekspresikan arti tanggapan dari server saat komputer menyampaikan informasi ke satu sama lainnya. Kode tersebut dibagikan sebagai tiga digit numerik, dengan arti yang berbeda tergantung pada nomor yang digunakan.

Laman 404 (Status HTTP 404)
Pengguna kadang-kadang membuka laman yang tidak ada dalam situs Anda, baik dengan mengikuti tautan rusak atau mengetik URL yang salah. Dengan memiliki laman 404 khusus yang dapat memandu pengguna untuk kembali ke laman yang benar-benar ada di situs Anda, pengguna akan memperoleh pengalaman pengguna yang jauh lebih baik. Laman 404 Anda mungkin seharusnya memiliki tautan untuk balik ke laman dasar dan juga dapat menyediakan tautan ke konten populer atau konten terkait pada situs Anda. Google menyediakan widget 404 yang dapat Anda lekatkan dalam laman 404 untuk digabungkan secara otomatis dengan banyak fitur berguna. Anda dapat juga menggunakan Perangkat Webmaster Google untuk menemukan sumber URL yang memunculkan pesan kesalahan "tidak ditemukan".

Layanan media sosial
Layanan web berjenis komunitas yang mempromosikan dan mendukung penguatan hubungan antar-pengguna.

Google AdWords
Layanan periklanan yang menempatkan iklan relevan di laman hasil penelusuran dan konten lainnya. Saat pengguna menelusuri kata kunci menggunakan Google, iklan AdWords yang terkait dengan kata kunci tersebut akan ditampilkan di bagian kanan, atas, dan/atau bawah laman hasil penelusuran bersama dengan hasil penelusuran organik.

Gaya teks
Pemformatan, seperti font, ukuran, dan warna teks.

Petasitus Seluler
Petasitus XML yang berisi URL laman web yang dirancang untuk telepon seluler. Mengirimkan URL konten web telepon seluler ke Google akan memberi tahu kami tentang keberadaan laman tersebut dan memungkinkan kami merayapinya.

User-agent
Perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan pengguna saat pengguna tersebut mengakses situs web.

XHTML Mobile
XHTML, sebuah bahasa markup yang dibuat ulang melalui adaptasi HTML ke XML, lalu diperluas untuk digunakan dengan telepon seluler.

Compact HTML
Bahasa markup yang menyerupai HTML; ini digunakan saat membuat laman web yang dapat ditampilkan di telepon seluler serta menggunakan PHS dan PDA.

Pembaca layar
Perangkat lunak untuk mengucapkan informasi di layar atau menghasilkan keluaran dalam tampilan Braille.

Bahasa ASCII
Singkatan dari American Standard Code for Information Exchange (Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi). Sebuah enkode karakter yang terpusat pada alfabet bahasa Inggris.

Bagian kepala HTTP
Dalam HTTP (HyperText Transfer Protocol), jenis data berbeda yang dikirim sebelum data yang sebenarnya.

<em>
Tag HTML yang menyatakan penekanan. Berdasarkan standar, tag ini akan menyatakan penekanan melalui penggunaan huruf miring.

<strong>
Tag HTML yang menyatakan penekanan yang kuat. Berdasarkan standar, tag ini akan menyatakan penekanan melalui penggunaan huruf cetak tebal.

Karakter pengganti
Karakter (*) yang mengambil tempat karakter lain atau rangkaian karakter.

.htaccess
File akses hypertext, sebuah file yang memungkinkan Anda mengelola konfigurasi server web.

Log perujuk
Informasi perujuk yang dituliskan ke dalam log akses. Ketika log ini dilacak, seseorang dapat mengetahui dari situs mana pengunjung datang.

Standar Pengecualian Robot (Robots Exclusion Standard)
Sebuah konvensi untuk mencegah perayap/spider web yang bekerja sama, misalnya Googlebot, mengakses semua atau sebagian situs web yang dapat dilihat oleh publik.

Layanan proxy
Sebuah komputer yang mengganti sambungan jika ada jaringan internal dan jaringan eksternal yang tersambung, atau perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk tujuan ini.

Pengeposan spam komentar
Merujuk pada pos sembarangan, pada kolom komentar blog atau papan pesan, tentang iklan, dsb. yang tidak memiliki keterkaitan dengan konten laman yang dimaksud.

CAPTCHA
Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart (Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia).

Umpan RSS
Data yang mencakup teks ringkasan atau lengkap yang mendeskripsikan pembaruan situs/blog. RSS adalah singkatan dari RDF Site Summary; sebuah layanan yang menggunakan format data yang serupa, yaitu Atom.

Schema.org
schema.org adalah kolaborasi oleh Google, Microsoft, dan Yahoo! untuk meningkatkan web dengan membuat kosakata umum untuk mendeskripsikan data di web. Jika Anda menambahkan markup schema.org ke laman HTML Anda, berbagai perusahaan dan produk—termasuk penelusuran Google—akan memahami data di situs Anda. Demikan juga, apabila Anda menambahkan markup schema.org ke email dengan format HTML, produk email lain sebagai tambahan GMail mungkin akan memahami data tersebut.
Anda dapat menggunakan jenis markup yang berbeda untuk mendeskripsikan data dengan kosakata schema.org. Pemandu Markup dapat menunjukkan kepada Anda cara menggunakan microdata dan JSON-LD. Untuk informasi selengkapnya tentang schema.org, lihat FAQ schema.org. 


Fungsi Script di Template HTML

Kode Pengaturan:

OpsiNilaiKeterangan
showPostDatetrueGanti nilainya menjadi false jika Anda tidak ingin menampilkan bulan terbit artikel.
false
showCommentstrueGanti nilainya menjadi false jika Anda tidak ingin menampilkan jumlah komentar pada artikel.
false
idModetrueJika bernilai true, sistem penaggalan artikel akan menjadi berbahasa Indonesia. Jika bernilai false sistem penanggalan artikel akan berubah menjadi berbahasa Inggris.
false
sortByLabeltrueDigunakan untuk memfilter artikel/posting. Jika ingin menampilkan posting dengan kategori tertentu saja, pilihlah nilai true. Setelah itu tentukan nama label pada variabel labelSorter.
false
labelSorter"JavaScript", "Widget", ... (nama label)Tentukan nama label jika opsi sortByLabel bernilai true.
totalPostLabel"Jumlah posting:", ... (teks)Tentukan keterangan jumlah posting (yang di bawah navigasi).
jumpPageLabel"Halaman", ... (teks)Tentukan keterangan lompatan posting (yang di bawah navigasi).
commentsLabel"Komentar", "Comments", ... (teks)Digunakan untuk menentukan label jumlah komentar (contoh: 10 Komentar).
rmoreText"Baca Selengkapnya", "Read More", ... (teks)Digunakan untuk menentukan labellink menuju posting asli.
prevText"Sebelumnya", "Previous", ... (teks)Digunakan untuk menentukan label navigasi mundur.
nextText"Berikutnya", "Next", ... (teks)Digunakan untuk menentukan label navigasi maju.
siteUrl(URL Blog)Ganti URL ini dengan URL blog Anda.
postsPerPage10, 30, ... (numerik)Digunakan untuk menentukan jumlah posting yang tampil pada satu halaman.
numChars100, 200, ... (numerik)Digunakan untuk menentukan jumlah karakter ringkasan posting.
imgBlankno-image.jpg (URL Gambar)Gambar cadangan jika posting yang tampil tidak memiliki gambar.

Istilah dalam pemberian izin untuk para pengguna terdaftar di situs web yang diberikan oleh administrator CMS web yang bersangkutan :

Bersambung.... 

Silahkan berikan komentar Anda di laman ini.
Tautan (live links) spam dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Jika ingin menyisipkan tautan silakan gunakan tag: <i rel="URL">URL ANDA</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">TEKS JUDUL ANDA DI SINI</b>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">Tulis URL GAMBAR Anda di sini </i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">Tulis KODE ANDA di sini</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre"> KODE PANJANG di sini</i>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS TEBAL ANDA DI SINI</b>
Untuk menciptakan efek tulisan miring gunakan tag <i>TEKS MIRING ANDA DI SINI</i>

Toko online busana muslim syar'i, cantik, elegant, stylish, trendy, murah & Grosir.