Minggu, 02 Februari 2014

KHASIAT LABU JIPANG (labu siam)

KHASIAT LABU JIPANG (labu siam)

Ternyata, di balik wajahnya yang kurang ganteng tu terselip kedahsyatan yang luar biasa dari buah atau sayuran ini dalam menghajar berbagai atau beragam jenis penyakit.

Labu siam
Lebih dikenal dengan sebutan jipang. Ciri khas makanan ini adalah rasanya yang cenderung hambar. Khasiat makanan ini dapat menurunkan kolesterol, mengobati tekanan darah tinggi, diabetes serta memperlancar proses pencernaan.

Kandungan yang terdapat di dalamnya antara lain vitamin A,B, C, mineral, air serta albuminoid.
Labu jipang atau juga disebut labu siam ini berkhasiat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut:
  1. Menyembuhkan gusi berdarah. Parut labu siam yang sebelumnya sudah dicuci, kemudian beri 2 sendok makan air matang dan 1 sendok makan madu. Peras dan saring, diminum sehari 3 kali sebanyak yang diperlukan.
  2. Mengatasi sariawan dengan cara memakan buah labu siam sebagai lauk atau dimakan mentah sebagai lalapan.
  3. Labu siam mampu menghilangkan garis hitam di tumit, caranya dengan mengoleskan getah labu siam pada tumit yang bergaris hitam. Tunggu sampai kering kemudian buka secara perlahan.
  4. Makanan sehat buat jantung dan mampu menangkal kanker.
  5. Buah labu siam memiliki kadar serat yang cukup baik ( yaitu 1,7 gram per 100 gram) sangat baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. Serat pangan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna.

  6. Asam folat pada labu siam sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat.
  7. Labu siam kaya akan Kalium yang berguna bagi tubuh untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, sehingga tubuh menjadi lebih segar.
  8. Labu siam mengandung komponen vitamin yang cukup tinggi yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dalam hati, sehingga produksi kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan trigliserida dapat menurun.
  9. Labu siam kaya akan vitamin B6 mempunyai peran penting dalam metabolisme protein. Vitamin B6 sangat esensial untuk proses transaminasi dan deaminasi serta dekarboksilasi asam amino.
  10. Labu siam memiliki efek diuretik, sehingga mampu menurunkan kadar garam di dalam darah melalui pembuangan air seni. Berkurangnya kadar garam yang bersifat menyerap atau menahan air ini akan meringankan kerja jantung dalam memompa darah, sehingga tekanan darah akan menurun.
  11. Labu siam juga sangat baik bagi penderita asam urat. Efek diuretik dari labu siam akan melancarkan pembuangan air kecil, sehingga kelebihan asam urat dapat segera dikeluarkan dari dalam tubuh.
  12. Labu siam juga baik bagi penderita diabetes
  13. Pada labu siam juga terkandung komponen tanin yang bersifat antimikroba, serta alkaloid yang mampu memperlancar peredaran darah sehingga mencegah penyakit stroke.
  14. Labu siam telah dikenal sebagai obat wasir.
  15. Kandungan air yang tinggi pada labu siam membuatnya sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Labu siam juga mengandung komponen saponin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan saponin sangat bermanfaat untuk menghambat dan mencegah penyerapan kolesterol di dalam darah. Rata-rata konsumsi saponin yang dianjurkan adalah 15 mg setiap hari.
  16. Wanita yang akan hamil dan yang hamil disarankan mengkonsumsi buah ini banyak-banyak karena kandungan folatnya yang tinggi. Asam folat sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat.Dengan mengkonsumsi 100 gram Labu siam, kita telah mencukupi hampir 25% kebutuhan tubuh akan asam folat.

Semoga bermanfaat dan tetap sehat.
Disarikan dari facebook dan berbagai sumber

Silahkan berikan komentar Anda di laman ini.
Tautan (live links) spam dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Jika ingin menyisipkan tautan silakan gunakan tag: <i rel="URL">URL ANDA</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">TEKS JUDUL ANDA DI SINI</b>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">Tulis URL GAMBAR Anda di sini </i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">Tulis KODE ANDA di sini</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre"> KODE PANJANG di sini</i>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS TEBAL ANDA DI SINI</b>
Untuk menciptakan efek tulisan miring gunakan tag <i>TEKS MIRING ANDA DI SINI</i>

/* */