Minggu, 18 Mei 2014

Ujicoba Soft Start Motor Listrik

Ujicoba Soft Start Motor Listrik

Terkait dengan postingannya Mas Achmad Taufik di https://www.facebook.com/photo.php?fbid=255803311271244&set=gm.676945199046052&type=1 maka untuk pembelajaran teori dasar softstarter saya pernah uji coba dengan sistem menggunakan kabel panjang sebagai berikut: Kapasitas daya listrik dirumah A 450VA saat saya mau pakai mesin pasah kayu (serut / wood planer tool) 450watt dirumah A, secara teori MCB di meteran listriknya rumah A pasti njeglek, dan setelah saya buktikan ternyata benar, tapi ternyata begitu saya sambungkan dengan kabel yang panjangnya sekitar 150 meter kerumah B terbukti tidak ada masalah.
"karena waktu itu rumah di rumah B belum ada listrik maka listriknya rumah B nyalur dari rumahnya A yang dayanya 450VA menggunakan satu kawat kabel NYA ukuran 1.5mm2 hanya untuk mengambil jalur setroom saja jadi tanpa jalur Nol dari PLN di rumahnya A, kemudian bikin ground/arde sendiri di rumah B ). Ternyata begitu mesin serut kayu 450watt tersebut saya colokin kelistrik dirumahnya B listriknya tidak ada masalah, masih kuat aja alias MCB meteran listriknya yang di rumah si A tidak njeglek"
Kenapa bisa demikian? jadi saya asumsikan kabel yang panjang tersebut sebagai penunda waktu pada saat start putaran pertama mesin serut kayu 450watt trsebut dihidupkan. ini dengan catatan pakai listriknya jalur fasa/strom dan arde dirumah B. Rangkaian ini saya namakan sebagai alat untuk sistem Power SOFT STARTING.

3 komentar

artikelnya mantap bro
jadi lebih paham sekarang
thanks

Klau sekarang meteran listrik menggunakan digital. Kebanyakan meteran ini jika salah satu unit menggunakan ground sebagai pengaman pasti meteran nya hang/eror.

betul om Ronney Pranoto, pada umumnya sekarang sudah menggunakan Meteran Listik Digital (prabayar), setahu saya KWh meter digital yang model sekarang sangat sensitif terhadap error/tamper, yang perlu diketahui kwh meter digital (meteran prabayar) tidak boleh terhubung dengan instalasi ground/arde/tanah yang di gabungkan dengan line netral/nol dari PLN, jika meteran jaman dulu (peninggalan era belanda) sering kita temui instalasi kabel nol dikopel dengan kabel grounding/pentanahan, tapi untuk meteran digital jaman sekarang jangan coba2 disambungkan dengan instalasi listrik rumah yang model instalasi netral digabungkan langsung dengan ground, apalagi sampai membuka casing mcb meteran, karena sudah dipastikan meteran listrik langsung error/tamper, sedangkan untuk membuka temper nya harus menghubungi pihak PLN supaya bisa membuka kode/key tempernya.

Saran dari petugas PLN untuk mencegah gangguan error tersebut antara lain: instalasi listrik rumah harus dipastikan line netral terpisah dengan line ground, dan bila perlu jika nilai groundingnya kwh meter digital kurang bagus maka sebaiknya kabel grounding yang ke meteran digital tersebut tidak usah dipasang.

Jadi dari jaringan PLN langsung masuk ke meteran digital dan keluar dari meteran listrik hanya kabel Fasa/stroom dan kabel Nol/netral saja. Sedangkan terkait uji coba dalam postingan diatas pada waktu itu belum ada meteran digital/prabayar.

Walaupun secara teori saya terkait ujicoba dalam postingan ini tidak masalah dengan kwh meter digital model sekarang asalkan jika dilakukan dengan benar, tapi jika rumah anda sudah menggunakan kwh meter digital/prabayar maka tidak saya sarankan untuk melakukan uji coba tersebut seperti dalam postingan diatas, kecuali anda sudah sangat paham betul dan mau merepotkan/berurusan dengan petugas PLN.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga membantu.

Silahkan berikan komentar Anda di laman ini.
Tautan (live links) spam dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Jika ingin menyisipkan tautan silakan gunakan tag: <i rel="URL">URL ANDA</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">TEKS JUDUL ANDA DI SINI</b>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">Tulis URL GAMBAR Anda di sini </i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">Tulis KODE ANDA di sini</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre"> KODE PANJANG di sini</i>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS TEBAL ANDA DI SINI</b>
Untuk menciptakan efek tulisan miring gunakan tag <i>TEKS MIRING ANDA DI SINI</i>

/* */